Tuesday, November 3, 2015

Komunitas Kreatif: @fiksimini

Orang-orang yang memiliki hobi yang sama biasanya akan membentuk suatu komunitas untuk menyalurkan ide kreatif dari kegemaran mereka. Salah satu komunitas kreatif  itu adalah @fiksimini, merupakan komunitas yang tadinya berasal dari hashtag #fiksimini oleh Agus Noor di Twitter yang akhirnya menarik banyak peminat pembaca. Hingga akhirnya, pada tanggal 18 Maret 2010, akun @fiksimini resmi dibuat oleh Agus Noor, Clara Ng, dan Eka Kurniawan. Ketiga penulis ini kemudian bergantian menjadi moderator dan memilih cerita menarik yang masuk setiap harinya.Setahun berjalan, komunitas ini telah memiliki follower Twitter sebanyak 77 ribu-an dengan anggota aktif sebanyak 400 orang di seluruh Indonesia. Komunitas ini membuktikan, 140 karakter tidak membatasi kreatifitas dalam berkarya. Para followers kemudian sering melakukan kopi darat. Bermula dari sana, muncul kesadaran bahwa banyak hal yang bisa dilakukan dibandingkan sekadar berinteraksi melalui dunia maya. Kemudian, pada Januari 2011, keinginan untuk membentuk sebuah komunitas ‘nyata’ akhirnya terwujud. @fiksimini melakukan gathering pertamanya di Taman Ismail Marzuki dan berhasil mempertemukan para Fiksiminiers (sebutan untuk anggota komunitas) dari 14 provinsi di Indonesia. Tidak ada mekanisme khusus pembentukan organisasi dan sistem keanggotaan. Biasanya para anggota di setiap daerah berinisiatif untuk berkumpul dan memilih sendiri koordinatornya. Untuk keanggotaan, terbuka kepada siapa saja tanpa perlu daftar. Asal datang berkumpul di kopi darat atau terlibat kegiatan komunitas maka sudah menjadi anggota atau disebut sebagai Fiksiminiers. Saat ini, selain memiliki followers lebih dari 14.000 di Twitter, @fiksimini memiliki 500 anggota aktif yang tersebar di seluruh Indonesia dengan beragam latar profesi dan usia.

Anggota @fiksimini

@fiksimini juga komunitas yang patut dibanggakan oleh Indonesia, sudah banyak prestasi yang diraih dari komunitas kreatif ini. Di tahun 2010, @fiksimini diundang ke international event Ubud Writers and Readers Festival di Bali dan menjadi The Most Inspiring Twitter di Pesta Blogger 2010. Bahkan di tahun 2011, 9 film pendek @fiksimini berhasil tayang di Hoopla! Film Festival Singapore. @fiksimini membuktikan keseriusannya dengan tidak hanya menjadi sebuah komunitas kepenulisan, tetapi juga komunitas kreatif. @fiksimini bukan hanya memfokuskan pada kegiatan-kegiatan berbasis literatur, melainkan juga pada film, bahkan lagu. Misalnya, pada tahun 2011, @fiksimini membuat “Festival Film Fiksimini” dan “Festival Fiksimini Bernyanyi” di The Rolling Stones Cafe Jakarta yang kesemua idenya berasal dari cerita 140 karakter.

Setelah semua perkembangan yang terjadi dalam tubuh komunitas Fiksimini, ada satu impian yang ingin diwujudkan komunitas ini, yakni menerbitkan buku Antologi yang merangkum semua karya Fiksimini terbaik dari seluruh Indonesia. Bagi yang ingin bergabung dengan komunitas ini, bisa follow akun Twitter Fiksimini (@fiksimini), Fan Page Facebook : Komunitas Fiksimini, dan Mailing list: KomunitasFiksimini-subscribe@yahoogroups.com.


Komunitas ini merupakan komunitas yang kreatif yang dapat mengasah ide kreatif literatur, lagu, music,  dan film. Hadirnya @fiksimini ini menjadi membuka mata kita bahwa sastra bukan hal yang berbau rumit, bahkan kuno. @fiksimini membutikan eksistensi sastra di zaman modern ini. 

Sumber : 

No comments:

Post a Comment