Friday, October 2, 2015

APLIKASI MEDIA SOSIAL YANG SERING DIGUNAKAN


Nama           : Pratiwi Indy Lestari
Kelas            : 2PA22
NPM            : 18514495
Mata Kuliah : Psikologi & Teknologi Internet

1.      Whatsapp
Whatsapp adalah aplikasi chatting yang sangat mudah digunakan. Cukup dengan mengunduh aplikasi ini di play store atau apple store kemudian ikuti petunjuknya kita sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Dan yang paling saya senangi adalah tidak perlu menambahkan teman dengan cara memasukan id/username atau nomor pin cukup dengan menyimpan nomor pada kontak handphone kita sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Karena cukup mudah menggunakannya dan juga tidak memakan banyak kuota jadi saya sangat sering dan lebih senang menggunakan whatsapp

2.      LINE
Aplikasi ini sama dengan whatsapp yaitu berupa aplikasi chatting yang membedakan adalah kita harus menambahkan teman dengan menggunakan id/username dan juga pada aplikasi ini terdapat Timeline dan juga kita bisa lebih mengekspresikan diri kita lewat sticker yang disediakan. Timeline adalah halaman untuk melihat aktivitas teman-teman kita yang ada di Line, seperti mengganti foto profil, like/share post, dan lain-lain. Awalnya saya lebih suka menggunakan aplikasi ini tetapi karena sekarang sudah banyak @Line account yaitu akun line yang berungsi sebagai ajang promosi suatu barang, challenging, informasi, membuat timeline line menjadi penuh dan banyak yang tidak terlalu penting menurut saya. Tetapi aplikasi ini tetap memikat dengan adanya sticker-sticker yang disediakan begitu penuh warna, kreatif, dan menarik.

3.      Path
Path adalah aplikasi media sosial. Kita dapat mengetahui dan juga memberi informasi seperti tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, film, musik, buku dan juga hiburan. Path merupakan sarana kita untuk berbagi informasi dengan  teman-teman. Disini kita dapat meng-up date kegiatan kita setiap hari seperti sedang berada dimana, mendengarkan lagu, menonton film, dan membaca buku bahkan sampai dengan sedang tidur atau sudah bangun tidur pun bisa kita share. Aplikasi ini sangat menarik dengan segala fitur yang ada.

4.      Instagram
Aplikasi ini merupakan sarana media sosial dengan menggunakan foto dan video singkat untuk kita share. Aplikasi ini juga menjadi alat tamabahan untuk orang-orang yang sedang mempelajari fotografi. Instagram memiliki banyak efek/filter untuk mempercantik foto atau video yang akan kita share. Disini kita juga dapat berbagi informasi seperti kampanye, hiburan, dan online shop. Dari instagram ini banyak bermunculan artis-artis baru karena dilihat dari foto-foto yang bagus seperti fotografer aslinya padahal awalnya mereka hanya iseng-iseng mengunggah foto-foto tersebut dan tak disangka banyak orang suka. Dan saya juga sering menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja karena kebanyakan barang-barangnya lebih murah dan juga banyak yang jarang ada di toko-toko.

5.      Twitter
Twitter merupakan sarana media sosial yang saya gunakan paling lama. Saya suka sekali dengan aplikasi ini karena tampilannya simpel dan juga menarik. Banyak akun-akun penting yang saya Follow agar saya dapat mengetahui informasi dengan cepat dan juga mudah  tentunya. Menurut saya aplikasi ini banyak mendatangkan manfaat seperti banyaknya acara yang sukses dengan menggunakan media sosial ini. Contohnya dengan kampanye dan juga penggalangan dana untuk korban bencana. Disini kita juga dapat mencari lowongan kerja dan juga informasi terbaru.



Dengan semua kemudahan yang ditawarkan internet dapat memudahkan kehidupan kita. Manfaat yang saya rasakan seperti fasilitas belanja online shopping, kita tidak perlu datang ke toko atau ke pusat perbelanjaan untuk membeli barang tersebut. Mengetahui informasi terbaru seperti bencana yang baru saja terjadi dan juga kelanjutan kasus-kasus yang sedang menjadi pembicaraan hangat. Internet sebagi sarana membantu sesama dengan penggalangan dana, seperti satu tweet berarti satu masker untuk korban kabut asap di Riau. Internet juga menjadi tempat kita berinteraksi dengan teman-teman, karena biaya sms semakin mahal jadi dengan menggunakan aplikasi chatting sedikit meringankan biaya pulsa. Dengan segala kemudahan internet juga dapat mendatangkan dampak negative jika tidak digunakan secukupnya seperti belanja online dapat menyebabkan perilaku komsumtif. Banyak hal yang menarik di dunia maya sehingga saya sering lupa jika ada dunia nyata, saya sering menggunakan internet dari bangun tidur hingga tidur lagi, ini menyebabkan banyak waktu yang terbuang. Membuat tingkat produktivitas berkurang karena asik dengan internet. Dan internet juga dapat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, kadang saya lebih sering berinteraksi lewat media sosial contohnya sewaktu saya bertemu dengan teman-teman lama saya yang sudah lama tidak bertemu tapi akhirnya kami malah asik sendiri dengan handphone masing-masing. Jadi gunakan internet dengan bijak, jangan terlena dengan segala kemudahan yang ditawarkan kita juga harus pintar-pintar mengatur waktu, hubungan kita dengan orang-orang yg ada disekitar kita, dan juga menjadi lebih bijak dan sadar jika kita juga punya kehidupan nyata yang lebih menyenangkan.

No comments:

Post a Comment