Friday, October 20, 2017

Penulisan Ilmiah

Hubungan Keterterikan Interpersonal dan Perilaku Prososial pada Remaja
Disusun Oleh:
Pratiwi Indy Lestari/ 18514495
Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma

Latar Belakang
Masa remaja merupakan fase yang paling penting dalam pemebentukan nilai serta pembentukan diri. Remaja dituntut untuk melaukan perbuatan-perbuatan yang dinilai baik oleh orang lain agar diakui dalam kehidupan bermasyarakat. Kecenderungan remaja saat ini yang idealistik dan individual sehingga sering bertinda sesuai dengan keinginannya sendiri tanpa peduli dengan keadaan sekitarnya. Banyak remaja yang memilih-milih siapa saj ayang akan ditolongny, seperti hanya menolong orang yang dikenal dengan saja seperti teman, atau sahabatnya. Perilaku tolong menolong ini dapat disebut uga sebagau perilaku prososial. Ketertarikan seseorang terhadap orang lain dapat menjadi salah satu faktor perilaku prososial. Seseorang cenderung lebih empati dengan membantu orang lain yang disukainya dan yang memiliki kesamaan atau mirip dengan dirinya.

Tujuan
            Masa remaja sebagai masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa yang dimulai pada usia 10-12 tahun dan berakhir pada usia antara 18-22 tahun.
Metode penelitian
·         Variabel Y           : Perilaku Prososial
·         Variabel X           : Ketertarikan Interpersonal
·         Populasi               : Populasi dalam penelitian ini adalah remaja usia 12-22 tahun.
·         Sampel                : remaja  akhir (late adolescence) yang berusia 18-22 tahun yang berjumlah       100 orang.
·  Teknik Pengumpulan Data : penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan kuesioner dengan skala likert dan empat pilihan jawaban.
·     Teknik Analisis Data           : Uji Korelasi Product Moment

2.      Menggunakan sistem berbasis pengetahuan 
3.     Terdapat potensi dilakukan penelitian menggunakan sistem berbasis dari pengetahuan subjek.

No comments:

Post a Comment